Gaya Hidup

Enam Kiat Agar Anak Mau Membaca Al-Quran

Sabtu, 15 Mei 2021 - 19:35
Enam Kiat Agar Anak Mau Membaca Al-Quran Ilustrasi anak ketika membaca Al-Quran (Foto: Pinterest)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Setiap orangtua pasti mendambakan si kecil menjadi anak yang saleh dan saleha juga taat beribadah. Membaca Al-Qur’an salah satunya.

Tak hanya pendidikan formal yang didapat anak melalui sekolah, sebagai orangtua juga perlu mengajarkan anak pendidikan agama yang tak kalah penting untuk dunia dan akhirat mereka. Pendidikan agama merupakan dasar dari pembentukan diri anak ke depannya.

Mengajarkan pendidikan agama pada anak bisa dimulai dari diri Ayah dan Ibu sendiri sebagai panutan yang akan dicontoh oleh si Kecil.

Inilah beberapa kiat agar anak tidak malas membaca Al-Qur'an dengan cara yang sederhana.

1. Jangan memaksa

Memaksa anak justru akan membuat mereka kurang nyaman sehingga meninggalkan tempat. Biarkan minat untuk belajar membaca Al-Qur’an muncul dari dalam diri mereka sendiri.

Kita cukup memberikan stimulasi agar mereka tertarik, karena anak adalah pembelajar yang hebat.

2. Memberikan Teladan

Daripada nasihat, sebuah teladan yang baik tentu lebih bisa membuat anak untuk patuh pada rutinitas seperti belajar dan mengaji. Maka dari itu, orang tua perlu membangun suasana rumah yang sarat dengan kegiatan mengaji.

Sebelum menyuruh anak untuk mengaji, orang tua pun sebaiknya membangun kebiasaan baik ini pada diri sendiri. Dengan begitu, anak bisa melihat bahwasannya orangtuanya pun melakukan kegiatan ini dengan baik. Buat anak, orangtua adalah contoh dan teladannya sehari-hari.

3. Lakukan dengan cara menyenangkan

Meskipun prioritas orang tua yaitu untuk mengajarkan anak mengaji, tetapi orang tua juga bisa mengajarkan si Kecil membaca dengan menggunakan media lain agar lebih menarik.

Misalnya, memutar surat-surat Al-Qur'an via video YouTube. Hal ini akan melatih si Kecil tentang pelafalan sehingga pengucapannya juga lebih baik.

Selain itu juga dapat menggunakan metode berantai atau bersambung-sambung ini melatih anak agar mampu menghafal surat-surat pendek. Sehingga anak mampu mengingat surat atau ayat yang berada di Al-Qur'an.

4. Dimulai dari yang mudah

Mengajari anak Al-Qur'an harus didasari dengan rasa sabar, maka dari itu untuk pertama kali mencari perhatian supaya anak mau membaca Al-Qur'an.

Dengan cara mengajari nya dengan huruf Hijaiyah yang mudah diingat lalu selanjutnya ke Iqra' lalu selanjutnya baru ke Al-Qur'an.  Harus setiap hari di lakukan agar anak mampu mengingat setiap huruf yang berada di Al-Qur'an.

5. Lakukan secara konsisten

Menetapkan waktu mengaji secara konsisten membuat anah memahami bahwasannya kegiatan ini adalah bagian dari rutinitas sehari-hari. Jika, orang tua memutuskan anak untuk belajar mengaji di waktu sore, maka lakukan ini setiap hari di jam yang sama.

Memasukkan anak ke lembaga TPA atau Taman Pendidikan Al-Qur'an juga bisa menjadi salah satu cara anak memahami bahwa kegiatan mengaji adalah bagian dari kegiatan sehari-hari. Apalagi, TPA yang penuh dengan teman-teman sebayanya bisa menjadi daya tarik utama, sehingga membuat buah hati bersemangat mengaji.

Cara seperti ini juga bisa orang tua terapkan kepada kegiatan lainnya, misalkan belajar dan bermain. Terapkan waktu belajar dan bermain yang sesuai dengan aktivitas anak. Lalu, setelah anak memahami aturannya, terapkan secara konsisten dan disiplin agar ia memahami hak dan kewajiban di dalam kehidupannya.

6. Beri penjelasan kenapa harus membaca Al-Quran.

Mengapa orangtua perlu mengajarkan Al-Qur’an dan mendorong anak-anak untuk menghapalnya?

Ya, hal tersebut merupakan salah satu bentuk syiar agama Islam yang harus dilakukan oleh orangtua. Maka berikanlah pemahaman mengenai arti penting Al-Qur'an bagi kehidupan umat muslim.

Sebagai seorang muslim, tentu orangtua bisa mengajarkan berbagai macam bentuk aturan hidup maupun ibadah yang harus ditaati, yang salah satunya kegiatan mengaji.

Orang tua dapat memberikan pemahaman bahwa dengan mengaji dimuliakan oleh sang Pencipta, menambah ilmu agama dan mengetahui apa saja perintah maupun larangan Allah SWT.

Dengan demikian, anak akan mudah memahami isi Al-Qur’an dan tergerak untuk menjalankan isinya. Jangan lupa untuk memberi apresiasi atas pencapaian anak meskipun sedikit, berikan selalu semangat agar anak semakin terpacu untuk mau membaca Al-Qur'an.(*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Singapore just now

Welcome to TIMES Singapore

TIMES Singapore is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.